Semangat pagi sahabat Queen Latifa, bagaimana kabarnya? Pasti sehatkan,,,,???

Kali ini kita akan membahas pengertian PPOK.

Adakah sahabat Queen Latifa yang mengetahui PPOK itu apa?

Mari kita bahas bersama-sama

Pengertian PPOK

Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) adalah penyakit paru jangka panjang sampai bertahun-tahun yang sudah mencapai titik keparahan. Penyakit PPOK menyebabkan aliran udara terhalang dari dalam paru-paru sehingga pengidap akan mengalami kesulitan bernafas.

PPOK umunya merupakan kombinasi dari dua penyakit pernafasan, yaitu bronchitis kronis dan emfisema.

 

Gejala Penyakit PPOK

Gejala dari PPOK atau Penyakit Paru Obstruk Kronis, antara lain:

  1. Batuk tanpa henti. Salah satunya gejala utana dari PPOK adalah batuk tanpa henti yang menghasilkan lendit berlebihan. Jika batuk ini berlangsung dalam jangka waktu lama sampai berbulan-bulan bahkan sampai menahun, sangat mungkin sekali adnda mengalami PPOK.
  2. Produksi lender berlebihan. Menurut ilmu kedokteran, orang sehat menghasilkan lender. Jika tubuh anda memproduksi banyak lender lebih dari normal, maka anda harus berhati-hati. Ini mungkin merupakan gejala PPOK. Anda juga harus memeriksakan apakah ada perubahan warna atau tekstur lender. Jika ternyata menjadi kuning, hijau atau berdarah, ini menunjukan infeksi paru-paru.
  3. Pernafasan bermasalah. Tanda peringatan lainnya PPOK susah untuk nafas saat anda melakukan kegiatan sehari-hari seperti olahraga, naik tangga dan bahkan saat anda berdandan.
  4. Sering mengi. Seperti ada suara siulan ketika anda bernafas. Jika anda mengalami kesulitan bernafas dan mengi kemungkinan besar mengalami penyakot PPOK.
  5. Tubuh terasa lelah. Jika anda merasa lelah tanpa alas an tertentu dan terjadi ketika anda memiliki masalah pernafasan, ini mungkin gejala PPOK. Anda mungkin tidak dapat melakukan aktivitas rutin dan mungkin kekurangan energy.
  6. Kehilangan berat badan. Kehilangan berat badan tanpa ada alas an utama dianggap berbahaya dalam ilmu kedokteran, ini juga merupakan gejala PPOK. Pada bebrapa pasien PPOK, aka nada kehilangan nafsu makan dan asupan makanan mereka akan menjadi berkurang yang berakibat pada penurunan berat badan.
  7. Perubahan warna kulit. Jika sudah mulai ada perubahan warna kulit yang membiru.

Penyebeb Penyakit PPOK.

  1. Merokok
  2. Polusi Udara
  3. Alergi
  4. Obat-obatan
  5. Genetik
  6. Lingkungan Kerja
  7. DLL

 

Pencegah Kekambuhan Penyakit PPOK

  1. Hindari Merokok
  2. Menghindari Polusi
  3. Gunakan masker saat bekerja ditempat berpolusi/tercemar.
  4. Minum obat secara teratur

sumber: RSU Queen Latifa

Copyright © 2017 RSU Queen Latifa All Rights Reserved - Designed By murosadatul.